Penyebab kb suntik 3 bulan dengan peningkatan berat badan

Progesteron lain mungkin menjadi alternatif tetapi esterogen sebaiknya dihindari.

Kenali Perbedaan KB Suntik 1 Bulan dan 3 Bulan

Wanita yang sudaah pernah menstruasi, namun tidak mengalami menstruasi dalam waktu yang berkisar antara 3 samapai 6 bulan Dua kondisi pertama telah digambarkan sebagai amenore primer, sedangkan kondisi yang ketiga ditetapkan sebagai amenore sekunder.

Perdarahan bercak Spotting Spotting adalah perdarahan bercak di luar siklus haid yang disebabkan ketidak seimbangan hormon sehingga endometrium mengalami degenerasi. Dapat menimbulkan efek samping seperti Penambahan pada Berat badan, Pusing atau sakit kepala, Payudara nyeri, pendarahan dan menstruasi tidak teratur.

KIE Jelaskan sebab terjadinya perubahan berat badan, sehingga ibu atau akseptor tidak merasa khawatir dengan kondisi nya. Penundaan ini mungkin disebabkan oleh menetapnya MPA dalam sirkulasi, karena mikrokristal di depot yang disuntikkan tersebut kadang-kadang larut sangat lambat.

Berat badan meningkat atau naik jika hasil penimbangan berat badan lebih besar dibandingkan dengan berat badan sebelumnya. Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. Saat wanita menyatakan keinginannya untuk menggunakan kontrasepsi hormon, tetapi esterogen dikontraindikasikan, esterogen tidak dapat ditoleransi dengan baik, profil efek samping atau komplikasi esterogen tidak disukai.

Berbagai alat kontrasepsi ditawarkan kepada pasangan usia subur dengan berbagai keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Efek merugikan pada semua bagian dari proses koagulasi fibrinolitik tampaknya minimal, dan tampaknya tidak terjadi induksi keadaan hiperkoagulasi bahkan pada metode dengan dosis yang lebih tinggi.

Cara kerja 1. Buku Ajar Asuhan Kebidanan edisi 4. Sakit kepala yang terjadi pada akseptor KB suntik 3 bulan biasanya berupa migrain dimana timbul nyeri berdenyut pada salah satu sisi kepala. Menderita kanker payudara atau riwayat kanker payudara. Pemulihan fertilitas tertunda Ini hanya menjadi masalah bagi pemakai DMPA, yang mungkin mengalami interval berkepanjangan sebelum ovulasi normal pulih.

Tetapi perubahan-perubahan tersebut akan akan kembli menjadi normal dalam waktu 90 hari setelah suntikan DMPA yang terakir. Yang perlu diperhatikan juga, DMPA berkaitan dengan peningkatan lemak abdominal perutsalah satu komponen dari sindroma metabolik yang berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Penanganan gangguan pola haid berat yang terjadi pada akseptor KB suntik 3 bulan biasanya adalah pemberian hormon estrogen yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan. Efek samping utama pemakaian DMPA adalah kenaikan berat badan. Hipertensi ringan atau saat tekanan atau saat tekanan darah terkontrol dengan baik, metode dapat diberikan dan dianjurkan dengan dosis rendah dan harus diperiksa secara berkala.

Perubahan berat badan dibagi menjadi: Hanya saja ditemukan penurunan jumlah kolesterol baik HDL pada beberapa akseptor KB ini, menimbulkan ketakutan terhadap risiko penyakit jantung. Apabila tidak ada perbaikan pada pola perdarahan, ia harus diberikan esterogen pada saat bersamaan, baik berupa pil kombinasi atau bila pil ini dikontraindikasikan dalam bentuk terapi sulih hormon.

· Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. sehingga penulis dapat menyelesaikan SAP ini dengan judul “ Hubungan kontrasepsi suntik 3 bulan Depo Medroksi Progesteron dengan peningkatan berat badan”.Author: Dhias_Sylvie (Cyang).

Kontrasepsi Suntikan Menyebabkan Peningkatan Berat Badan Wanita yang menggunakan kontrasepsi medroxyprogesterone acetate (DMPA) atau dikenal dengan KB suntik 3 bulan, rata-rata mengalami peningkatan berat badan sebanyak 11 pon atau 5,5 kg dan mengalami peningkatan lemak tubuh sebanyak 3,4% dalam waktu 3 tahun pemakaian, berdasarkan penelitian.

· Obat KB suntik yang 3 bulan sekali setiap 12 minggu. Dosis DMPA tidak perlu disesuaikan dengan berat badan klien. KOMPOSISI. Suspensi Steril Depo Medroxy Progesteron Acetat (DMPA) dalam air: · Author: Rereyrashyab. Wanita yang menggunakan kontrasepsi Depot medroxy progesterone acetate (DMPA) atau dikenal dengan KB suntik tiga bulan, rata-rata mengalami peningkatan berat badan sebanyak 11 pon atau 5,5 kilogram, dan mengalami peningkatan lemak tubuh sebanyak 3,4% dalam waktu tiga tahun pemakaian, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Texas Medical Branch (UTMB) (Mansjoer, Author: Nie_Na KB suntik 3 bulan ini bekerja dengan cara menyuntikan hormon Progestin kedalam pembuluh darah sehingga menghentikan pelepasan sel telur ke dalam rahim sehingga dapat mencegah terjadinya pembuahan.

Selain itu, hormon ini juga mencegah sperma untuk mencapai sel telur dengan menebalkan cairan vagina dan mencegah pertumbuhan janin dengan menipiskan dinding festival-decazeville.com: Infosehat.

Efek KB suntik 3 bulan yang berikutnya akan kita bahas adalah sakit kepala dan berdasarkan data dapat terjadi pada hampir 17% akseptor KB suntik ini. Mekanisme dari keluhan ini belum diketahui dengan pasti akan tetapi pengaruh hormonal diduga kuat sebagai pencetus sakit kepala pada akseptornya.

Sakit kepala yang terjadi pada akseptor KB suntik 3 bulan biasanya berupa migrain dimana timbul nyeri .

Penyebab kb suntik 3 bulan dengan peningkatan berat badan
Rated 0/5 based on 26 review