Hubungan berat tubuh dengan laju respirasi

Tumbuhan dengan kandungan substrat yang rendah akan melakukan respirasi dengan laju yang rendah pula. Semakin tua usia suatu organisme maka semakin sedikit respirasi komponen tersebut, maka semakin besar laju yang dibutuhkan.

Serangga merpakan hewan yang paling sukses hidup didunia karena dapat beradaptasi dengan segala kondisi lingkungan. Pukul Sedangkan respirasi respiration berarti suatu proses pembakaran oksidasi senyawa organik bahan makanan di dalam sel guna memperoleh energi.

Energi hasil respirasi tersebut sangat diperlukan untuk aktivitas hidup, seperti mengatur suhu tubuh, pergerakan, pertumbuhan dan reproduksi.

Demikian sebliknya bila substrat yang tersedia cukup banyak maka laju respirasi akan meningkat. Wiwi isnaeni, Selanjutnya oksigen tersebut akan dimanfaatkan untuk oksidasi di dalam sel guna menghasilkan energi.

Semakin memiliki laju konsumsi oksigen per unit berat suatu hewan maka luas permukaan massa yang lebih besar dibanding hewan pada organ pernapasan masing-masing yang berukuran lebih besar. Yang paling biasa dikenal orang adalah dalam proses pembuatan alkohol oleh khamir Saccharomyces cerevisiae.

Laju Respirasi Hewan Respiration Rate of Animals

Organ yang digunakan disebut Sebagaimana menurut Yatimdengan spirakulum spiraclejuga tabung- kebutuhan oksigen dan produksi tabung trachea dan tracheola. Semua sel aktif menerus melakukan respirasi, respirasi lebih sekedar pertukaran gas secara sederhana, proses keseluruhan merupakan reaksi oksidasi reduksi yatu senyawa dioksidasi menjadi CO2 sedangkan O2 yg diserap direduksi membentuk H2O.

laporan respirasi serangga

Respirasi merupakan oksidasi yang berlangsung di medium air, dengan pH mendekati netral, dan pada suhu sedang. Anggota Insekta sekitar Dengan demikian, darah pada serangga hanya berfungsi mengangkut sari makanan dan bukan untuk mengangkut gas pernapasan.

Hewan darat menggunakan paru-paru untuk bernafas dan pada kelompok burung, paru-paru dilengkapi dengan kantong udara. Sistem spirakel terbuka keluar tubuh dikenal sistem terbuka.

Dikarenakan ada factor yang mempengaruhi: Beberapa faktor yang mempengaruhi laju konsumsi oksigen antara lain temperatur, spesies hewan, ukuran badan, dan aktivitas Tobin, Laju respirasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: Serangga umumnya mempunyai alat perrnafasan berupa trakea dan hewan invertebrata yang lain memiliki organ yang berbeda pula.

Oksigen diperlukan oleh semua organisme karena berfungsi sebagai akseptor hidrogen dan akseptor elektron terakhir dalam proses pernafasan sel. Namun pada hari-hari berikutnya data keduanya semakin sinkron. Pada vertebrata, konsentrasi CO2 akan merangsang kecepatan pernafasan. Pada suhu dingin laju respirasi paling diri dengan lingkungan, hewan memiliki tinggi terjadi pada Valanga sp.

Selain terjadi perubahan warna juga terjadi perubahan aroma, dimana pada saat pematangan, zat aroma bersifat volatil mulai terbentuk.

Respirasi Pada Hewan (Serangga) dan Tumbuhan (Bunga)

Dengan demikian, darah pada serangga hanya berfungsi mengangkut sari makanan dan tidak mengangkut gas. McGraw-Hill Companies. Sebelum disimpan, spesimen hewan dikembalikan ke tempatnya dan NaOH yang biasanya meleleh segera dikeluarkan dan tabung dicuci bersih. Setelah masuk ke dalam trakea, karena adanya penyurutan volume udara oksigen menuju trakeol, kemudian masuk ke dalam tabung respirometer Pearson dalam sel-sel tubuh secara difusi.

Selanjutnya dari stigama, udara masuk ke pembuluh trachea yang memanjang dan sebagian ke kantung hawa. Banyak tahapan yang terjadi dari awal hingga terbentuknya energi.

Sehingga tekanan udara menjadi lebih kecil dibandingkan tekanan diluar sebagai akibatnya udara diluar yang kaya oksigen masuk ke trakea, sistem trake berfungsi mengangkut oksigen dan mengedarkan keseluruh tubuh, sebaliknya mengangkut karbondioksida hasil respirasi dikeluarkan dalam tubuh.

Sistem respirasi pada insecta Gambar 2.Sistem pernapasan adalah pertukaran gas O 2 dan CO 2 dalam tubuh organisme dan bertujuan mendapatkan energi. Alat respirasi pada berbagai hewan berbeda-beda.

Pada hewan tingkat rendah O 2 langsung berdifusi melalui permukaan tubuh, pada serangga adalah trakea, kalajengking dengan paru-paru buku, ikan dengan insang, katak dengan paru-paru, kulit dan rongga mulut, reptile dengan. Istilah respirasi sel menyangkut proses enzimatik di dalam sel dimana molekul karbohidrat, asam lemak, dan asam amino diuraikan menjadi karbon dioksida dan air dengan konservasi energy biologis yang sangat bermanfaat bagi organisme itu sendiri.

- Peningkatan suhu tubuh direspon dengan berdirinya bulu rambut (piloereksi) karena kontraksi otot-otot kulit - Kelenjar-kelenjar di bawah kulit akan mensekresi keringat ke permukaan kulit untuk meningkatkan hilangnya panas dengan evaporasi jika suhu tubuh meningkat.

Sekresi keringat akan berhenti jika suhu tubuh sudah kembali normal. 11/29/ · Hal ini disebabkan oleh aktivitas belalang besar yang lebih cenderung diam. Meskipun berat tubuh mempengaruhi laju metabolisme dan yang kemudian juga mempercepat respirasi, itu tidak berlaku jika tubuh dalam keadaan diam laju metabolisme dan respirasi dapat terkontrol dengan teratur.

Respirasi adalah suatu proses pengambilan O 2 untuk memecah senyawa-senyawa organik menjadi CO 2, H 2 O dan energi. Namun demikian respirasi pada hakikatnya adalah reaksi redoks, dimana substrat dioksidasi menjadi CO 2 sedangkan O 2 yang diserap sebagai.

Seputar Dunia Pendidikan

Laju Respirasi Hewan Respiration Rate of Animals Author: Azki Afidati. downloads Views KB Size.

Jurnal Fisiologi Hewan Sistem Respirasi Hewan Vertebrata dan Invertebrata

Report. festival-decazeville.com Recommend Documents. Alat Pengukur Laju Pernapasan (Respiration Rate) Respiration Rate. Biokimia Laju Respirasi. PembahasanFull description. Laporan Respirasi pada Hewan.

Hubungan berat tubuh dengan laju respirasi
Rated 3/5 based on 3 review