Ciri ciri obesitas pada remaja

Misalnya ketidakseimbangan hormon, atau gangguan metabolisme. Perubahan fisik yang sangat jelas tampak pada pertumbuhan peningkatan fisik dan pada penampakan serta perkembangan karakteristik seks sekunder. Padahal ada baiknya membiarkan anak jalan kaki setidaknya 15 menit dari jarak mobil ke sekolah.

Masa remaja adalah masa yang tidak realistik. Selalu mendekatkan pada Tuhan Yang Maha Esa. Ciri-ciri remaja menurut Hurlockantara lain: Kebanyakan remaja bersikap ambivalen dalam menghadapi perubahan yang terjadi.

Faktor Penyebab Obesitas Pada Anak

Masa remaja awal dan akhir dibedakan oleh Hurlock karena pada masa remaja akhir individu telah mencapai transisi perkembangan yang lebih mendekati masa dewasa. Perubahan juga terjadi dalam hubunga dengan orang lain. Perubahan nilai, dimana apa yang mereka anggap penting pada masa kanak-kanak menjadi kurang penting karena sudah mendekati dewasa.

Papalia dan Olds tidak memberikan pengertian remaja adolescent secara eksplisit melainkan secara implisit melalui pengertian masa remaja adolescence. Remaja tidak lagi berhubungan hanya dengan individu dari jenis kelamin yang sama, tetapi dengan lawan jenis, dan dengan orang dewasa.

Perubahan juga terjadi dalam hubungan dengan orang lain. Penjelasan ketiga fase ini sebagai berikut.

Diabetes Pada Remaja

Faktor Perkembangan Penambahan ukuran dan atau jumlah sel-sel lemak menyebabkan bertambahnya jumlah lemak yang disimpan dalam tubuh. Penderita obesitas terutama yang menjadi gemuk pada masa kanak-kanak dapat memiliki sel lemak sampai lima kali lebih babanyak dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal.

Kegemukan ini menjadi suatu permasalahan yang cukup serius karena sebagian besar wanita ingin berpenampilan sempurna yang bisa diartikan dengan memiliki tubuh yang ramping atau langsing dan propesional manjadikan idaman para remaja wanita.

Apa lagi seorang remaja sangat gemar sekali nongkrong dan makan makanan yang manis seperti coklat dll. Ada tiga aspek perkembangan yang dikemukakan Papalia dan Oldsyaitu: Untuk mengurangi lemak tubuh dapat dilakukan dengan gerakan atau aktifitas dan dianjurkan untuk selalau melakukan aktifitas minimal 2 jam selama sehari.

Perubahan juga terjadi dalam hubungan dengan orang lain. Perubahan dalam hal yang menarik bagi dirinya dan hubungan dengan orang lain. Pola makanan Makanan salah satu hal yang tidak mungkin ditinggalkan oleh seseorang karena jika kita makan akan mendapatkan energi untuk menjalankan suatu aktifitas sehari-hari.

Hal ini yang membuat banyak orang tua menjadi takut. Gaya hidup sehari hari Salah satu pemicu utama obesitas pada remaja adalah gaya hidup yang tidak sehat, dan tidak memperhatikan kesehatannya seperti saat makan diluar tidak memperhatikan kebersihannya dan tidak mempertimbangkan porsi makannya.

Hal ini juga dikarenakan adanya tanggung jawab yang lebih besar pada masa remaja, maka remaja diharapkan untuk dapat mengarahkan ketertarikan mereka pada hal-hal yang lebih penting. Obesitas pada anak semakin meningkat angka kejadiannya.

Kemajuan zaman seakan-akan identik dengan memanjakan fisik, dan kita dikatakan harus mengikuti zaman bilamana kita menggunakan apapun yang sedang populer saat ini seperti roller shoes pada anak, scooter dan berbagai macam varian dari sepeda yang sayangnya tidak dipergunakan untuk memaksimalkan olahraga namu digunakan saat berjalan-jalan di mal atau pusat perbelanjaan.

Kebiasaan lain yang membuat penurunan aktivitas anak adalah kenyamanan sarana transportasi. Perubaha dalam hal yang menarik bagi dirinya dan hubungan dengan orang lain. Obesitas pada Remaja 1. Program Penurunan Berat Badan Ada beberapa program dalam penurunan berat bedan pada penderita obesitas yaitu sebagai berikut: Umumnya anak-anak mulai mengalami obesitas pada usia 5 atau 6 tahun, atau selama masa remaja.

Faktor genetik Faktor ini juga dapat menjadi pemicu munculnya obesitas hal ini karena faktor gen yang sam dengan keluarga contohnya orang tua anda meskipun bukan berarti seorang obesitas dari faktor genetik tidak dapat kurus meskipun dari faktor genetik anda gemuk tetapi sangat besar kemungkinan andapun dapat menurunkan berat badan anda.

Pada masa remaja mereka mulai melihat dirinya sebagai individu yang lain. Menurutnya pada masa remaja umumnya telah duduk dalam bangku sekolah lanjutan.

Masa remaja adalah suatu masa perubahan. · Ciri-ciri remaja menurut Hurlock (), antara lain: Masa remaja sebagai periode yang penting yaitu perubahan-perubahan yang dialami masa remaja akan memberikan dampak langsung pada individu yang bersangkutan dan akan mempengaruhi perkembangan selanjutnya.

Terdapat beberap perubahan atau ciri – ciri yang terjadi selama masa remaja yaitu: 1. Peningkatan emosional yang terjadi secara cepat pada masa remaja awal. Ciri- ciri pubertas seperti yang sudah disampaikan diatas terjadi pada laki- laki dan perempuan remaja.

Beberapa ciri antara laki- laki dan perempuan ada yang sama, ada yang berbeda. Pubertas menjadikan seorang laki- laki semakin gagah dan seorang perempuan menjadi lebih cantik. · Kata “remaja” berasal dari bahasa latin yaitu adolescere yang berarti to grow atau to grow maturity (Golinko, dalam Rice, ).

Banyak tokoh yang memberikan definisi tentang remaja, seperti DeBrun (dalam Rice, ) mendefinisikan remaja sebagai periode pertumbuhan antara masa kanak-kanak dengan masa dewasa. Remaja tidak lagi dibatasi dengan kenyataan dan aktual yang merupakan ciri periode konkret, remaja juga memerhatikan terhadap kemungkinan yang akan terjadi.

Perkembangan Moral Anak yang lebih muda hanya dapat menerima keputusanatau sudut pandang orang dewasa, sedangkan remaja, untuk memperoleh autonomi dari orang dewasa mereka harus menggantikan seperangkat moral dan nilai 4,5/5. Obesitas Pada Anak. Umumnya, orang tua tidak mengkhawatirkan kondisi berat badan yang berlebih pada anak, sampai diingatkan oleh petugas kesehatan atau orang disekitarnya seperti guru, misalnya.

Penegakkan diagnosis obesitas pada anak juga lebih rumit dibanding dewasa, karena tidak ada standar berat badan ideal bagi anak-anak.

Ciri ciri obesitas pada remaja
Rated 4/5 based on 49 review